Analisa Bisnis Informatika

Pengertian Bisnis
Jika kita mendengar kata bisnis pasti akan teringat hal seperti aktivitas produksi, pembelian, penjualan, ataupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan satu individu dengan individu yang lain atau dengan suatu kelompok. Sederhananya bisnis sering diartikan dengan usaha perusahaan, organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk mendapatkan untung atau laba. Ada juga pendapat lain yang mengartikan bisnis adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan adanya kebutuhan manusia, pelaku bisnis (businessman) akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut sampai mereka merasa senang dengan tercukupi kebutuhannya, dari situlah pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan.

Tujuan Bisnis
Tujuan dari bisnis yaitu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen oleh pelaku bisnis dengan tujuan mendapat laba. Orang-orang  akan melihat peluang apakah produk yang akan mereka jual telah ditawarkan oleh perusahaan lain, atau jika produk tersebut telah dijual perusahaan lain maka mencoba mencoba menjual produk tersebut dengan harga yang lebih murah.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengolahan dan penyajian informasi serta cara menyebarluaskannya.

TIK terdiri dari dua istilah yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
- Teknologi Informasi berhubungan dengan alat yang memproses sebuah data sehingga menjadi informasi. Contoh: Komputer.
- Teknologi Komunikasi merupakan cara bagaimana menyampaikan informasi dari pemberi informasi ke penerima informasi.

Penerapan TIK dalam pendidikan di Indonesia
Buku elektronik.
Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menyajikan informasi multimedia dalam bentuk ringkas dan dinamis.
Dalam e-book dapat disertakan suara, grafik, animasi sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional.
E-learning.
E-learning adalah proses pembelajaran formal atau non-formal yang memanfaatkan jaringan komputer sebagai medianya.

Pengertian Bisnis Informatika
Pengertian yang sederhana tentang Bisnis & Informatika yaitu suatu aktivitas produksi, pembelian, penjualan, ataupun pertukaran barang dan jasa dengan memanfaatkan teknologi informasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Teknologi Informasi adalah sebuah alat yang memproses data sehingga menjadi informasi. Contoh: Komputer. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, terdapat juga bagaimana cara mempublikasikan informasi agar diterima oleh penerima informasi atau biasa disebut dengan Teknologi Komunikasi.
Sebuah transaksi jual-beli yang dilakukan menggunakan teknologi informasi termasuk ke dalam Bisnis Informatika.
Berikut contoh pemanfaatan Teknologi Informasi:
Di bidang perbankan telah memanfaatkan layanan teknologi informasi pada sistem pembayaran untuk nasabahnya. Transaksi perbankan berbasis elektronik maupun internet merupakan perkembangan dari metode pembayaran secara konvensional yang mana merupakan peluang bagi pihak bank untuk meningkatkan pelayanan.
Kesimpulannya Bisnis Informatika adalah suatu aktivitas yang dilakukan seseorang atau kelompok dengan tujuan mendapatkan keuntungan melalui produksi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan seperangkat alat teknologi untuk menyebarkan informasi dari barang atau jasa yang ditawarkan.

Sejarah OLX
OLX.co.id yang sebelumnya adalah Tokobagus.com dan Berniaga.com merupakan situs iklan baris online terbesar di Indonesia. OLX.co.id menyediakan media yang mudah bagi para penjual untuk memasang iklan untuk dapat dengan cepat menjual barangnya, sekaligus menjadi media bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhannya. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, properti hingga lowongan kerja dan layanan lainnya.
Sejak berdiri pada tahun 2005, OLX telah meraih berbagai penghargaan, antara lain “Indonesia Best Brand kategori online shopping” dari majalah Swa, “Gold Brand Champion 2013 of Most Widely Used Brand” dari majalah MarkPlus Insight dan Marketeers, “Situs e-commerce terbaik kategori online shopping Top Brand Award 2012” dari Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, Situs e-commerce terbaik (“The Great Performing Website”) kategori Communication, dalam “Digital Marketing Award 2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne.
OLX berada di lebih dari 40 negara, dengan total pengguna aktif lebih dari 260 juta setiap bulannya, lebih dari 19 Milyar halaman yang dikunjungi, dan merupakan aplikasi nomor 1 di 17 negara berdasarkan Google Playstore, kategori Belanja / Gaya hidup. Saat ini OLX mempekerjakan total lebih dari 1,000 karyawan di seluruh negara.

OLX Memiliki Kebijakan Privasi sebagai berikut.
Informasi yang dikumpulkan, terima dan atur:
1. Informasi akun dan Profil: Pada saat membuat akun pada layanan olx, olx berhak meminta informasi seperti alamat email dan password yang benar. Dapat juga memasukkan informasi seperti nama lengkap, alamat, no telepon yang akan dipajang di profile. Setiap informasi yang dipajang di profil bersifat publik atau semua orang dapat melihatnya dan itu merupakan tanggung jawab pengguna mengenai informasi apa saja yang dapat ditampilkan pada profil.
2. Iklan dan transaksi: OLX dapat mengatur informasi, termasuk informasi kontak dan password yang valid yang memungkinkan untuk mengirim pesan atau berkomunikasi dengan pengguna lain.
3. Komunikasi: Kita dapat menghubungi pengguna lain dengan menggunakan sistem yang telah dibuat oleh OLX. Komunikasi antara pengguna juga dapat diserahkan kepada pihak berwenang dalam hal terjadinya dugaan pelanggaran atas hukum.
4. Permainan, Periklanan,d an Promosi: OLX dapat mengumpulkan informasi seperti nama dan kontak pada saat pengguna berpatisipasi dalam permainan, atau pemasaran dan promosi lain yang telah diselenggarakan dan didukung.
5. Layanan Pelanggan: Pada saat pelanggan menghubungi customer service, OLX dapat mengumpulkan informasi pribadi yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan dan menghubungi pengguna untuk menindak lanjuti hal-hal yang diperlukan.
6. Situs Web dan Mobile Data: OLX dapat secara otomatis menerima dan mencatat informasi pada servernya dari browser atau perangkat lain mengenai alamat IP, atribut perangkat lunak dan perangkat keras pengguna, Hal tersebut timbul di layanan OLX.
7. Informasi tambahan: OLX juga dapat menambah informasi yang didapatkan secara sah dari rekan usaha atau pihak ketiga atas data yang telah ada dan dimiliki penggunanya.

Kelebihan OLX:
1. Iklan Cepat direspon pembeli. Setelah kita memasang iklan di olx, maka tidak akan lama handphone kita akan berdering tanda calon pembeli menanyakan ketersediaan barang yang akan kita jual.
2. Tidak perlu sundul. Tidak seperti fjb lainnya olx akan menampilkan iklan terbawah sekalipun jika ada yang mencari barang yang sama maka akan ditampilkan (saling berkaitan).
3. Menyediakan berbagai kategori dan jasa. Seperti Komputer, gadget, otomotif, lowongan pekerjaan dan lain-lain.

Kekurangan OLX:
1. Pembeli kurang edukasi. Sering terjadi permasalahan seperti calon pembeli tidak mempunyai rekening bank yang artinya tidak dapat menggunakan ATM dan itu dijadikan alasan sebagai batalnya transaksi pembelian.
2. Harga dibanding-bandingkan. Fitur iklan terkait menjadi sebuah kelebihan sekaligus kekurangan yaitu jika sebuah iklan dengan produk yang sama tetapi harga lebih murah tentu banyak calon pembeli yang akan melihat produk dengan harga terendah.
3. Masa tayang iklan terbatas. Normalnya iklan di olx akan bertahan selama 7 hari, setelah itu iklan akan dinonaktifkan.

Perkembangan Bisnis Informatika.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia berkembang dengan pesat, ini dibuktikan dengan banyak bidang usaha yang memanfaatkan bidang teknologi informasi. Contohnya e-commerce.
Perkembangan bisnis ini tidak hanya karena teknologi semakin maju, akan tetapi telah banyak pengguna internet di indonesia yang menggunakan teknologi tersebut. Sebagai contoh, dapat diartikan bahwa banyaknya transaksi yang terjadi di e-commerce akan sama dengan banyak nya pengguna internet. Hal ini yang mendukung bisnis informatika di indonesia berkembang dengan cepat.
Selain karena penggunanya, faktor lain yang cukup mempengaruhi dalam bisnis informatika yaitu modal, modal ini menjadi hal yang sangat menentukan jika melakukan bisnis secara konvensional. Dalam e-commerce dirasa tidak perlu membutuhkan banyak modal. Cukup dengan membuat interface web yang menarik dengan sosialisasi yang bagus, maka konsumen akan berdatangan dengan sendirinya dan keuntungan pun akan mengikuti.

Di dalam perkembangan bisnis di dunia sendiri terdapat 2 macam bisnis informatika, yaitu produk dan jasa.
1. Produk : Hardware, Software.
Contoh yang menjual hardware yaitu Zyrex, Apple dll.
Contoh yang menjual software yaitu Oracle, Microsoft dll.
2. Jasa : Aplikasi, E-Commerce, Infrastruktur Komputer.

Aplikasi adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap pembuatan sebuah software atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang bersangkutan.
E-Commerce menjadi sebuah tempat untuk menyediakan produk dan jasa atau lapangan pekerjaan.
Infrastruktur Komputer adalah layanan yang berhubungan dengan komputer. Misalnya Internet Service Provider.
Intinya perkembangan bisnis informatika di dunia itu masih seputar di penyediaan produk dan jasa. Tapi untuk sekarang cenderung lebih banyak penyediaan jasa bisa dilihat contohnya yaitu Gojek, Traveloka, dan OLX.
Sumber:
http://blogandiani.blogspot.co.id/2015/12/kelebihan-dan-kekurangan-olxcoid.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »