Ringkasan Penulisan Ilmiah

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ringkasan penulisan ilmiah saya yang berjudul SISTEM INFORMASI LAYANAN PERCETAKAN DIGITAL MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL MEMANFAATKAN GOOGLE MAPS API DI KOTA DEPOK JAWA BARAT.
Pembimbing : Ericks Rachmat Swedia, ST, MMSI.,
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2017

Dunia pendidikan erat kaitannya dengan kertas sehingga hampir disetiap kegiatannya selalu menggunakan kertas, contohnya sekedar catatan, pembuatan laporan, pembuatan makalah, dan lain-lain. Terkadang kita bingung mau mencetak dimana laporan/makalah yang telah kita buat. Website ini merupakan tempat untuk mencari percetakan disekitar (khususnya kota Depok). Maka kita tidak akan bingung untuk memilih tempat percetakan.

Ide awal dibuatnya website informasi percetakan ini adalah untuk memudahkan seseorang untuk menemukan percetakan yang berada disekitar(khususnya kota depok). Ada masanya seseorang lupa dimana tempat yang dia butuhkan untuk mencetak laporan, jurnal, makalah, dan lain-lain. Itu dikarenakan sifat alami dari manusia dan semoga dengan adanya website informasi percetakan ini bisa membantu mencari percetakan yang dimaksud oleh pengguna.

Dengan menggunakan website, peluang bagi penyedia layanan percetakan digital untuk mendapatkan pelanggan akan semakin luas. Sebenarnya hampir sebagian besar penyedia layanan percetakan digital telah memiliki website yang mendeskripsikan jenis usaha mereka seperti sejarah, visi, misi, terima jasa cetak desain, mengiklankan produk yang mereka buat, hingga informasi alamat penyedia percetakan digital tersebut. Akan tetapi, sangat sulit untuk mengingat nama-nama website dari masing-masing penyedia layanan percetakan digital demi untuk mendapatkan informasi tentang lokasi atau alamat penyedia percetakan digital yang akan didatangi.

Penulisan ilmiah ini membahas tentang pembuatan aplikasi Sistem Informasi Layanan Percetakan Digital yang berbasis website. Pada proses pembuatan rancangan awal alur program menggunakan flowchart dan untuk rancangan databasenya menggunakan entity relationship diagram, dan seluruh komponen yang dibutuhkan untuk merancang aplikasi yang akan dibuat. Aplikasi Sistem Informasi Layanan Percetakan Digital ini memiliki user interface yang sederhana. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan framework bootstrap sebagai kerangka tampilan dari website.

Software yang digunakan untuk membangun website :
1. Atom Text Editor
2. XAMPP Control Panel
3. Google Chrome
4. ArGoSoft Mail Server
5. Ms. Outlook

Metode penelitian pada penulisan ini adalah tahapan dalam pembuatan website yaitu:
1. Pengumpulan Informasi
Pengumpulan informasi dilakukan dengan cara melakukan pencarian di internet dan mengunjungi tempat penyedia layanan percetakan digital tersebut secara langsung.
2. Pembuatan Aplikasi
Pada tahap ini merupakan tahap yang memerlukan banyak waktu karena dari proses membuat desain tampilan halaman depan website sampai membuat alur logika dari website sehingga elemen-elemennya dapat berfungsi dengan baik.
3. Pengujian Aplikasi
Langkah terakhir adalah pengujian website pada laptop dan smartphone apakah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Kelebihan Aplikasi ini :
1. Tampilan web yang responsive di berbagai layar.
2. Menggunakan Fitur Google Maps Javascript API.
3. Sistem register user dengan konfirmasi via email.
4. Dapat berjalan di berbagai sistem operasi dengan syarat terinstall web server.

Pembuatan website ini memiliki tujuan :
1. Memberikan informasi lokasi penyedia layanan percetakan digital dengan peta digital Google Maps beserta marker untuk menandai lokasi.
2. Meningkatkan kecepatan akses layanan informasi.
3. Meningkatkan efisiensi waktu pengguna.
4. Menyediakan pasar yang luas untuk penyedia layanan percetakan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »